Syukuran Kemerdekaan, PKS Sajikan Sego Tiwul

Syukuran Kemerdekaan, PKS Sajikan Sego Tiwul

Semarang, semarang.pks.id – Perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia disambut dengan suka cita oleh hampir seluruh rakyat Indonesia, begitu juga yang nampak dari para kader DPC PKS Semarang Tengah yang merayakan tasyakuran menyambut hari kemerdekaan RI ke 71 dengan menu makanan sego tiwul yang merakyat dan sarat makna, ahad lalu (21/8).

Alasan para kader merayakan tasyakuran dengan menu sajian makanan sego tiwul tak lain adalah karena sego tiwul memiliki sejarah yang cukup dekat dengan kisah para pejuang negeri ini. Kader PKS ingin juga mengenang para pejuang  dari menu makanannya yaitu  sego tiwul, makanan desa yang menjadi bekal makanan para pejuang.

Masakan Thiwul

Masakan Thiwul

Selain itu tujuan pelaksanaan tasyakuran ini adalah mengenang para pahlawan yang telah bersusah payah dalam merebut kemerdekaan RI juga untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dalam diri setiap warga negara Republik Indonesia. Sehingga masyarakat dapat benar-benar memaknai arti dari setiap perjuangan yang telah dilakukan oleh para pejuang kemerdekaan.

Ketua DPC PKS Semarang Tengah, Hartono, mengatakan bahwa acara ini sengaja dilakukan di luar ruangan atau outdoor supaya semakin membangkitkan rasa dimana ikut merasakan bagaimana para pejuang menikmati setiap santapannya. “Kami adakan tasyakuran kecil kecilan dengan menu yang juga sederhana di luar ruangan di alam, agar kami bisa menghayati bagaimana suasana para pejuang dalam melawan penjajah”, papar Hartono.

Tentu banyak hal yang dapat dilakukan untuk membangun jiwa nasionalisme dan patriotisme dalam meneladani sikap para pahlawan. Sebagai warga negara yang baik maka wajib untuk turut serta dalam partisipasi aktif membela dan membangun negara agar Indonesia menjadi negara yang maju dan makmur seperti harapan para pahlawan terdahulu. Membangun bumi pertiwi yang merdeka dan berkedaulatan sehingga rakyat dapat menikmati makna kemerdekaan yang sesungguhnya seperti impian selama ini. (rth)

Leave a Reply