Agung BM Usulkan Programe One Village One Produk

Agung BM Usulkan Programe One Village One Produk

Semarang, semarang.pks.id – Menghadapi tantangan ekonomi yang berat perlu ada terobosan untuk mengembangkan ekonomi masyarakat terutama dalam menahan adanya kemiskinan akibat perlambatan ekonomi. Agung Budi Margono, Wakil Ketua DPRD Kota Semarang pun mengusulkan program One Village One Product untuk meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat kota Semarang. Selain untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, hal ini juga mampu untuk mendorong melestarikan produk-produk lokal.

Aleg Fraksi PKS ini mendapatkan ide untuk program ini saat masa reses anggota dewan sedang berlangsung. “Saya telah berkeliling ke masyarakat saat reses menemukan banyak potensi-potensi yang berbeda-beda di setiap wilayah yang seharusnya bisa di kembangkan menjadi pusat ekonomi baru”, papar Agung BM, sapaan akrabnya.

Saat mengunjungi ke banyak kelurahan yang ada di kota Semarang, Agung menemukan banyak potensi yang tersimpan di masyarakat, termasuk dalam hal membangun jiwa enterpreneur yang mampu menghasilkan banyak karya. “Banyak produk yang saya temui di lapangan, diantaranya, ada kuliner, macam-macam olahan makanan. Kemudian ada produk kreatif yang memiliki nilai jual tinggi. Selain itu ada pula kerajinan tangan yang berpotensi dapat berkembang pesat dihampir setiap kelurahan”, ungkap Wakil Ketua DPRD Kota Semarang ini.

Agung juga menambahkan bahwa ide program One Village One Product ditujukan agar setiap kelurahan memiliki dapat mandiri secara ekonomi bahkan membuka peluang usaha dan lapangan kerja. “Untuk itu kami mengusulkan agar ada program pemerintah yang lebih intensif dan kegiatan yang semakin banyak dengan pelatihan-pelatihan ekonomi ataupun ketrampilan hingga di level kelurahan, targetnya setiap kelurahan akan memiliki produk unggulan yang dapat dipasarkan, itulah tujuan dari ide ini diusulkan”, pungkas Aleg PKS ini bersemangat.

Saat ini DPRD Kota Semarang sedang dalam masa penyusunan anggaran perubahan. Maka diharapkan di sisa tahun 2016 ini akan lebih banyak kegiatan pengembangan ekonomi di masyarakat. Sehingga pertumbuhan ekonomi masyarakat kota Semarang dapat berjalan sesuai target dan harapan. (rth)

Leave a Reply