Segera Laksanakan Pembangunan Ringroad SORR

Segera Laksanakan Pembangunan Ringroad SORR

Semarang, semarang.pks.id – Kecelakaan akhir-akhir ini yang melibatkan kendaraan besar, kontainer dan truk tronton di jalur Ngaliyan Kalibanteng memberikan keresahan kepada warga masyarakat yang melintas.  Karena itu pembangunan SORR utara dan selatan cukup mendesak untuk segera dapat dilaksanakan. Hal ini disampaikan oleh Anggota Komisi C Suharsono.

Suharsono mengungkapkan, jalan lingkar SORR ini dapat digunakan untuk jalur utama bagi kendaraan-kendaraan besar yang melintas di Kota Semarang dan tidak bercampur dengan jalur jalan protokol yang menjadi pusat lalulintas warga masyarakat dengan kendaraan pribadi. Sehingga keamanan dalam berlalu lintas bagi warga masyarakat dapat lebih dijaga.

“Atas kejadian kecelakaan truk kontainer dari arah ateri utara menuju kalibanteng menabrak kendaraan pribadi sy ikut prihatin. Agar kondisi semikian sering terjadi maka perlu langkah cepat untuk merealisasi program pemerintah kota yg sdh lama direncanakan yaitu pembuatan semarang outer ring road utara dan selatan.,” Jelas Suharsono.

Ia menambahkan jalan lingkar ini selain untuk mengurai kepadatan namun juga untuk keselamatan dalam berlalu lintas, kendaraan besar tidak bercampur dengan jalur yang dilewati oleh kendaran-kendaraan kecil sebagai jalur utama warga masyarakat, karena kendaraan besar sangat rentan dengan kecelakaan karena faktor teknis.

“Dengan adanya Jalur semarang outer ringroad  SORR utara dan selatan bisa mengurai kepadatan lalin yg akan masuk kota. Sedangkan kendaraan-kendaraan pribadi bs melalui jalur pantura yg skrg masih digunakan bersama seluruh kendaraan yg masuk atau keluar kota semarang menuju jalan pantura.,” Jelasnya.

Suharsono menjelaskan, Berdasarkan koordinasi yg dilakukan DPRD melalui Komisi C dan Dinas Pekerjaan Umun bahwa pada tahun 2017 ini beberapa lahan sudah siap di bebaskan meskipun belum semuanya. Ini menjadi berita baik bagi warga semarang atau luar semarang agar saat memasuki kota semarang, kendaraan besar segera melalui jalur arteri atau outer ringroad tersebut.

“Koordinasi terakhir kami dengan Dinas Pekerjaan Umum, tahun ini sudah siap dibebaskan, walaupun belum semua, sehingga pekerjaan ini bisa segera dilaksanakan karena kebutuhan mendesak,” Jelasnya.

Suharsono berharap, dengan pembangunan jalan SORR ini juga akan mempercepat aktivitas ekonomi wilayah sekitaran semarang. Arteri Semarang langsung terhubung Arteri Kendal. Arteri Semarang jg bs langsung menyambung Arteri Demak, itu tentu mempercepat investasi yg akan masuk kewilayah semarang dan sekitarnya.

 

Leave a Reply