Status Pemulihan, PKS Jateng Terus Kirim Logistik dan Relawan untuk Lombok

Status Pemulihan, PKS Jateng Terus Kirim Logistik dan Relawan untuk Lombok

Status bencana lombok telah dialihkan dari tahap tanggap darurat menjadi tahap pemulihan. Dewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (DPW PKS) Jawa Tengah kembali mengirimkan relawan PKS dan logistik Senin (27/08) siang.

Menurut penuturan koordinator lapangan Pusat Khidmat PKS Jateng Sholikhin, PKS Jateng mengirimkan bantuan terutama berupa terpal untuk hunian dan obat – obatan. “Korban bencana masih membutuhkan bantuan hunian karena rumah mereka rusak oleh gempa. Obat – obatan juga kita kirimkan untuk proses pemulihan.” jelasnya.

Selain bantuan logistik, PKS Jateng juga memberangkatkan 24 relawan untuk membantu penanganan bencana gempa Lombok. “18 relawan dari Salatiga, Semarang, Kudus, Tegal, dan Magelang kita berangkatkan siang ini. Kemarin (26/08) 6 orang dari Wonogiri juga telah kita berangkatkan.” papar Sholikhin.

Tenaga relawan, Sholikhin menjelaskan, difokuskan untuk membangun hunian – hunian sementara bagi korban gempa yang kehilangan rumah. Selain itu, tenaga relawan juga dibutuhkan untuk pemulihan trauma akibat bencana gempa.

Hingga hari ini, PKS Jateng telah mengirimkan tiga kloter bantuan logistik dan relawan untuk korban gempa Lombok. Dua gelombang sebelumnya diberangkatkan pada Selasa (07/08)dan Senin (13/08) lalu.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menetapkan status bencana Lombok dari tahap tanggap bencana menjadi transisi pemulihan. Kendati demikian hingga hari ini(27/08) menurut laporan Badan meteorologi dan Geofisika, gempa masih mengguncang 52 km Barat Daya dari Kupang, Nusa Tenggara Timur. [jateng.pks.id]

Leave a Reply